Program Tayangan Anak Masih Minim

Padang, Psikologi Zone – Semakin berkembangnya tayangan televisi menyajikan hiburan tidak dibarengi dengan tayangan yang layak tonton bagi anak.

Psikolog Universitas Andalas (Unand) Padang Kuswardani Susari Putri, M.Si. menilai banyak tayangan televisi saat ini masih kurang dalam menyiarkan program televisi yang berpihak kepada anak-anak.

Tayangan televisi masih saja didominasi oleh adegan kekerasan, bukan hanya kekerasan dalam bentuk fisik namun juga mental. “Tentu kondisi tersebut dapat merusak aspek kejiwaan anak,” ujarnya, di Padang, Jumat kemarin.

Ia mengatakan, bila anak biasa menonton tayangan yang menyajikan adegan kekerasan, maka pembentukan karakter mereka akan terdorong melakukan hal yang sama di lingkungannya.

“Kondisi ini dapat diperparah bila orang tua justru tidak melakukan pengawasan terhadap tayangan mengandung kekerasan, anak akan menyerap semua yang ditontonnya,” kata kuswardani.

Ia menambahkan, tayangan kekerasan yang buruk bagi anak bukan hanya ditonton dalam bentuk film, sinetron, atau program sejenis lainnya. Tindakan anarkis yang dilakukan oleh banyak mahasiswa saat melakukan demonstrasi dan ditayangkan melalui siaran televisi dalam bentuk berita, juga menimbulkan sifat kekerasan yang tidak baik bagi anak-anak.

Sumber : Psikologi Zone

Nama : Tiara Handa Saputri (12509060)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s